SELAMAT DATANG DI WEBSITE KPPN WAINGAPU

Minggu, 19 Februari 2017

Profile KPPN Waingapu

SEJARAH KPPN WAINGAPU
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Waingapu berdiri pada tanggal 1 April 1974, dengan nama Kantor Bendahara Negara (KBN) Waingapu, dengan adanya  perubahan  struktur organisasi maka KBN Waingapu dipecah menjadi KPN dan KKN Waingapu, dan  tahun 1990 berubah namanya menjadi Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara (KPKN) Waingapu. Sejalan dengan perkembangan dan diterbitkannya  UU Keuangan Negara Nomor 17 Tahun 2003 dan UU Perbendaharaan Negara No 1 Tahun 2004  maka terjadi  perubahan pada Kementerian  Keuangan khususnya Direktorat Jenderal Perbendaharaan, sehingga pada tahun 2005 KPKN Waingapu diubah menjadi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Waingapu.


VISI
“Menjadi pengelola perbendaharaan negara yang unggul di tingkat dunia”

MISI
Ø  Mewujudkan pengelolaan kas dan investasi yang pruden, efisien, dan optimal
Ø  Mendukung kinerja pelaksanaan anggaran yang tepat waktu, efektif, dan akuntabel
Ø  Mewujudkan akuntansi dan pelaporan keuangan negara yang akuntabel, transparan, dan tepat waktu
Ø  Mengembangkan kapasitas pendukung sistem perbendaharaan yang andal, professional, dan modern

JANJI LAYANAN
“Memberi layanan dengan sumpah APARAT”
(Cepat, Tepat, Ramah, Tanpa Biaya)”

MOTTO
“Melayani dan memberi solusi dengan Smart”
(SEMANGAT, MUDAH, AKURAT, RAMAH, TRANSPARAN)”

TUGAS & FUNGSI
Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 169/PMK.01/2012 tanggal 6 November 2012, KPPN Waingapu sebagai KPPN Tipe A1, tugas sebagai berikut :
Melaksanakan kewenangan perbendaharaan dan bendahara umum negara, penyaluran pembiayaan atas beban anggaran, serta penatausahaan penerimaan dan pengeluaran anggaran melalui dan dari kas negara berdasarkan peraturan perundang-undangan.
Dalam melaksanakan tugas KPPN Tipe A1 Waingapu menyelenggarakan fungsi :
a. Pengujian terhadap surat perintah pembayaran berdasarkan peraturan perundang-undangan;
b.    Penerbitan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) dari kas negara atas nama Menteri Keuangan selaku Bendahara Umum Negara;
c.      Penyaluran pembiayaan atas beban APBN;
d.      Penilaian dan pengesahan terhadap penggunaan uang yang telah disalurkan;
e.  Penatausahaan penerimaan dan pengeluaran negara melalui dan dari Kas Negara;
f.       Pengiriman dan penerimaan kiriman uang;
g.      Penyusunan laporan pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja negara;
h.    Penyusunan laporan realisasi pembiayaan yang berasal dari pinjaman dan hibah luar negeri;
i.       Penatausahaan penerimaan Negara bukan pajak;
j.       Penyelenggaraan verifikasi transaksi keuangan dan akuntansi;
k.      Pembuatan tanggapan dan penyelesaian temuan hasil pemeriksaan;
l.       pelaksanaan kehumasan; dan
m.    pelaksanaan administrasi KPPN.

ORGANISASI KPPN WAINGAPU
1.      Subbagian Umum;
Yang mempunyai tugas mempunyai tugas melakukan pengelolaan organisasi, kinerja, SDM, dan keuangan, penatausahaan user SPAN, penyusunan bahan masukan dan konsep Renstra, Renja, RKT, PK, LAKIP KPPN, penerbitan dan pengiriman SPM DBH PBB serta tata usaha, rumah tangga dan kehumasan.
2.      Seksi Pencairan Dana; 
Seksi Pencairan Dana mempunyai tugas melakukan pengujian resume tagihan dan SPM, penerbitan SP2D, penerbitan Surat Pengesahan Pendapatan dan Belanja BLU, penerbitan Surat Pengesahan atas Ralat SPM dari satuan kerja dan Nota Dinas Kesalahan dan Perbaikan SP2D Hasil Verifikasi pada KPPN, dan pengelolaan data kontrak, data supplier, dan belanja pegawai satker, serta monitoring dan evaluasi penyerapan anggaran satker.
3.      Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal
Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal mempunyai tugas melakukan pembinaan dan bimbingan teknis pengelolaan perbendaharaan, fungsi customer service, supervisi teknis SPAN dan helpdesk SAKTI, pemantauan standar kualitas layanan KPPN dan penyediaan layanan perbendaharaan, pemantauan pengendalian intern, pengelolaan risiko, kepatuhan terhadap kode etik dan disiplin, dan tindak lanjut hasil pengawasan, serta perumusan rekomendasi perbaikan proses bisnis.
4.      Seksi Bank;
Seksi Bank mempunyai tugas melakukan penyelesaian transaksi pencairan dana, fungsi cash management, penerbitan Daftar Tagihan, pengelolaan rekening Kuasa BUN dan Bendahara serta penatausahaan penerimaan negara.
5.      Seksi Verifikasi, Akuntansi
Seksi Verifikasi dan Akuntansi mempunyai tugas melakukan verifikasi pembayaran, rekonsiliasi laporan akuntansi, penyusunan Laporan Keuangan tingkat Kuasa BUN, pelaporan realisasi dan analisis kinerja anggaran serta analisis data statistik laporan keuangan.

LUAS WILAYAH LAYANAN
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Waingapu beralamat di Jl. Ampera No. 1 Waingapu, Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.
Ruang lingkup pelayanan KPPN Waingapu mencakup daratan Sumba dengan Luas Wilayah ± 11.052,42 km2 dengan rincian :

Kabupaten Sumba Timur               : 7.000,50 km²
Kabupaten Sumba Tengah            : 1.869,18 km²
Kabupaten Sumba Barat               :    737.42 km²
Kabupaten Sumba Barat Daya      : 1.445,32 km²
Batas Wilayah Pulau Sumba sebagai berikut :
Bagian Barat                      : Samudara Indonesia, Pulau Sumbawa
Bagian Timur                      : Laut Sawu
Bagian Selatan                   : Samudra Indonesia, Laut Sabu
Bagian Utara                      : Pulau Flores, Selat Sumba

KOMPLEKSITAS
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Waingapu melayani 97 Satuan Kerja pada Tahun Anggaran 2016 dengan rincian sebagai berikut :
Ø  Satuan Kerja di Kabupaten Sumba Timur sebanyak 38 Satuan Kerja
Ø  Satuan Kerja di Kabupaten Sumba Barat sebanyak 29 Satuan Kerja
Ø  Satuan Kerja di Kabupaten Sumba Tengah sebanyak 12 Satuan Kerja
Ø  Satuan Kerja di Kabupaten Sumba Barat Daya sebanyak 18 Satuan Kerja

Kendala/Problem dan Karakteristik Satuan Kerja:
Ø  Beberapa Satuan Kerja memerlukan pembinaan lebih dan pendampingan, khususnya untuk Satuan Kerja yang baru mendapat DIPA terutama Satker SKPD sehingga memerlukan bimbingan dalam pelaksanaan anggaran, pelaporan, dan Aplikasi Satuan Kerja;
Ø  Terdapat Satuan Kerja yang masih kesulitan mendapat akses internet sehingga komunikasi melalui email tidak lancar karena kondisi geografis dan jauh dari jaringan.
Ø  Jarak dari Kabupaten Sumba Barat Daya, Sumba barat dan Sumba Tengah kurang lebih ...Km serta minimnya alat transportasi merupakan tantangan tersendiri untuk memberikan layanan yang maksimal.

SUMBER DAYA MANUSIA
KPPN Waingapu didukung oleh 19 orang  Pegawai  Negeri Sipil ( PNS ) sebagai berikut :


SARANA DAN PRASARANA
Ruang Kepala Kantor
Ruang Kepala Kantor berdekatan dengan ruang  layanan sehingga dapat mengawasi dan memantau langsung proses layanan yang dilakukan oleh petugas Front Office.
Ruangan ini dibuat untuk memberikan kenyamanan yang memadai untuk Kepala Kantor, sehingga dari ruangan ini diharapkan bisa melahirkan ide-ide cemerlang dan inovasi baru yang dapat memberikan kemajuan dan perkembangan menuju perubahan yang lebih baik untuk KPPN Waingapu.
Fasilitas yang dimiliki antara lain sofa, meja kerja, komputer, telepon  dan mesin faksimili serta komputer CCTV.

Ruang Layanan
Ruang Layanan KPPN Waingapu merupakan tempat bagi Satker untuk mengajukan SPM, melakukan rekonsiliasi, dan mengambil SP2D. Memiliki fasilitas diantaranya meja layanan yang diisi oleh 6 (enam) staf layanan yang terdiri dari 1 staf Customer Service, 2 staf Front Office Pencairan Dana, 1 staf Rekonsiliasi, 1 staf Seksi Bank, 1 staf Subbagian Umum dan 1 staf MSKI terkait layanan KIPS dan PIN PPSPM. Masing-masing petugas sudah dibekali kemampuan melayani dan sarana berupa komputer dengan spesifikasi yang memadai.
Dalam memberikan layanan yang nyaman kepada Stakeholder masing-masing ruangan telah dilengkapi AC termasuk di Front Office. Selain itu juga sarana lain yang terdapat pada ruang layanan yaitu kursi tunggu untuk satker, papan pengumuman, alur/bagan rekonsiliasi UAKPA dan alur pengaduan kepuasan satker. Ruang ini  juga dilengkapi Layar TV, Show Case, Speaker Musik, Kotak Bola Gembira. Di front office juga tersedia layanan bersama antara KPKNL dengan Satker saat rekon BMN berdampingan dengan Front Office.
 
Treasury Learning Center (Tlc)
Ruang Treasury Learning Center (TLC) merupakan tempat bagi Satker untuk pendampingan bagi Satker yang terkendala serta konsultasi aplikasi dan permasalahan yang dihadapi Satker.


Ruang Middle Office
Ruang Middle Office ditempati oleh Kepala Seksi Pencairan Dana, Kepala Seksi Bank dan Kepala Seksi Verfikasi dan Akuntansi beserta staff masing-masing.
Fasilitas pada ruang Middle Office cukup memadai berupa sarana komputer lengkap dengan beberapa printer. Ruang Middle Office diisi oleh 8 (delapan) orang pegawai.


Ruang Back Office
Ruang Back Office ditempati oleh Kepala Sub Bagian Umum dan Kepala Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal beserta masing-masing staf.
Back Office  merupakan bagian unsur pendukung/ supporting unit untuk terlaksana proses kerja di seksi teknis agar berjalan dengan lancar  dan baik.

Aula
Merupakan gedung serbaguna, baik untuk Sosialisasi, Bimtek, Gugus Kendali Mutu. Gedung ini  dibangun pada tahun 2007 dan direhab Tahun 2016 serta dapat menampung ± 200 orang peserta sosialisasi. Fasilitas lain yang dimiliki gedung ini adalah tersedia meja dan kursi, alat pendingin/AC, dan Sound System.

Mengingat di Waingapu temperatur udara relatif panas maka AC stand 2 (dua) buah dan AC dinding 3 buah semata untuk memberikan rasa nyaman bagi peserta sosialisasi dan sebagainya.



Gedung Arsip
Gedung ini dibangun pada tahun 2012, yang sebelumnya adalah gedung Kas Negara. Fasilitas yang ada berupa rak-rak penyimpanan Arsip, komputer untuk database arsip dan aplikasi untuk pencarian data arsip dan data arsip telah tersimpan dengan baik dan tertata rapi dalam dus arsip yang disusun dengan teratur. Arsip yang ada sudah semua masuk database Arsip melalui scanner Arsip.

Perpustakaan
Merupakan ruang untuk menambah ilmu pengetahuan melalui buku-buku bacaan terkait peraturan, buku-buku  ilmiah dan bacaan hiburan

Mushola
Sarana untuk ibadah  untuk meningkatkan rasa syukur, ketaqwaan dan iman.

Poliklinik
Fasilitas periksa kesehatan diberikan kepada seluruh pegawai untuk memeriksa berat badan, tekanan darah, kolesterol, gula darah dan asam urat.
 


Dapur Dan Pantry
Ruang untuk menyiapkan makanan dan minuman bagi pegawai.

Lahan Parkir
Tersedia parkir yang luas untuk Satker dan pegawai. Dapat menampung kendaraan roda dua sebanyak ± 20 unit, dan roda empat sebanyak ± 10 unit.

Sarana Olahraga
Lapangan volly beserta lapangan tenis terletak disamping kantor digunakan untuk kegiatan olah raga pada hari  Jumat pagi untuk menjaga kesehatan dan kebugaran pegawai KPPN Waingapu.

Halaman Dan Taman

Halaman yang hijau dengan kebun sayur dan buah naga yang sedang berbuah serta dalam rangka menggelorakan Go Green kegiatan sepanjang tahun di halaman belakang lapangan volly telah dipergunakan kebun buah naganya.
Taman tengah yang memberikan ketenangan pikiran dengan suara gemericik air dan indahnya ikan koi memberi kesejukan hati dan menciptakan ketenangan pikiran.


Toilet
Terletak di dekat Aula dan Taman untuk Satker dan pegawai.

Wifi
Fasilitas untuk meningkatkan pengetahuan pegawai dan memberikan kenyamanan serta mengurangi rasa jenuh bagi Satker saat menunggu antrian.
 
Genset
Untuk menanggulangi masalah listrik jika mengalami pemadaman.


1 komentar:

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus