SEJARAH
KPPN WAINGAPU
Kantor
Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Waingapu berdiri pada tanggal 1 April
1974, dengan nama Kantor Bendahara Negara (KBN) Waingapu, dengan adanya perubahan
struktur organisasi maka KBN Waingapu dipecah menjadi KPN dan KKN
Waingapu, dan tahun 1990 berubah namanya
menjadi Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara (KPKN) Waingapu. Sejalan dengan
perkembangan dan diterbitkannya UU
Keuangan Negara Nomor 17 Tahun 2003 dan UU Perbendaharaan Negara No 1 Tahun
2004 maka terjadi perubahan pada Kementerian Keuangan khususnya Direktorat Jenderal
Perbendaharaan, sehingga pada tahun 2005 KPKN Waingapu diubah menjadi Kantor
Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Waingapu.
VISI
“Menjadi
pengelola perbendaharaan negara yang unggul di tingkat dunia”
MISI
Ø
Mewujudkan
pengelolaan kas dan investasi yang pruden, efisien, dan optimal
Ø
Mendukung
kinerja pelaksanaan anggaran yang tepat waktu, efektif, dan akuntabel
Ø
Mewujudkan
akuntansi dan pelaporan keuangan negara yang akuntabel, transparan, dan tepat
waktu
Ø
Mengembangkan
kapasitas pendukung sistem perbendaharaan yang andal, professional, dan modern
JANJI
LAYANAN
“Memberi
layanan dengan sumpah APARAT”
(Cepat,
Tepat, Ramah, Tanpa Biaya)”
MOTTO
“Melayani
dan memberi solusi dengan Smart”
(SEMANGAT,
MUDAH, AKURAT, RAMAH, TRANSPARAN)”
TUGAS
& FUNGSI
Berdasarkan
Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 169/PMK.01/2012 tanggal 6 November 2012,
KPPN Waingapu sebagai KPPN Tipe A1, tugas sebagai berikut :
Melaksanakan
kewenangan perbendaharaan dan bendahara umum negara, penyaluran pembiayaan atas
beban anggaran, serta penatausahaan penerimaan dan pengeluaran anggaran melalui
dan dari kas negara berdasarkan peraturan perundang-undangan.
Dalam
melaksanakan tugas KPPN Tipe A1 Waingapu menyelenggarakan fungsi :
a. Pengujian
terhadap surat perintah pembayaran berdasarkan peraturan perundang-undangan;
b. Penerbitan
Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) dari kas negara atas nama Menteri Keuangan
selaku Bendahara Umum Negara;
c.
Penyaluran
pembiayaan atas beban APBN;
d.
Penilaian
dan pengesahan terhadap penggunaan uang yang telah disalurkan;
e. Penatausahaan
penerimaan dan pengeluaran negara melalui dan dari Kas Negara;
f.
Pengiriman
dan penerimaan kiriman uang;
g.
Penyusunan
laporan pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja negara;
h. Penyusunan
laporan realisasi pembiayaan yang berasal dari pinjaman dan hibah luar negeri;
i.
Penatausahaan
penerimaan Negara bukan pajak;
j.
Penyelenggaraan
verifikasi transaksi keuangan dan akuntansi;
k.
Pembuatan
tanggapan dan penyelesaian temuan hasil pemeriksaan;
l.
pelaksanaan
kehumasan; dan
m.
pelaksanaan
administrasi KPPN.
ORGANISASI
KPPN WAINGAPU
1. Subbagian
Umum;
Yang mempunyai tugas mempunyai tugas
melakukan pengelolaan organisasi, kinerja, SDM, dan keuangan, penatausahaan
user SPAN, penyusunan bahan masukan dan konsep Renstra, Renja, RKT, PK, LAKIP
KPPN, penerbitan dan pengiriman SPM DBH PBB serta tata usaha, rumah tangga dan
kehumasan.
2. Seksi
Pencairan Dana;
Seksi Pencairan Dana mempunyai tugas
melakukan pengujian resume tagihan dan SPM, penerbitan SP2D, penerbitan Surat
Pengesahan Pendapatan dan Belanja BLU, penerbitan Surat Pengesahan atas Ralat
SPM dari satuan kerja dan Nota Dinas Kesalahan dan Perbaikan SP2D Hasil
Verifikasi pada KPPN, dan pengelolaan data kontrak, data supplier, dan belanja
pegawai satker, serta monitoring dan evaluasi penyerapan anggaran satker.
3. Seksi
Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal
Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan
Internal mempunyai tugas melakukan pembinaan dan bimbingan teknis pengelolaan
perbendaharaan, fungsi customer service, supervisi teknis SPAN dan helpdesk
SAKTI, pemantauan standar kualitas layanan KPPN dan penyediaan layanan
perbendaharaan, pemantauan pengendalian intern, pengelolaan risiko, kepatuhan
terhadap kode etik dan disiplin, dan tindak lanjut hasil pengawasan, serta
perumusan rekomendasi perbaikan proses bisnis.
4. Seksi
Bank;
Seksi Bank mempunyai tugas melakukan
penyelesaian transaksi pencairan dana, fungsi cash management, penerbitan
Daftar Tagihan, pengelolaan rekening Kuasa BUN dan Bendahara serta
penatausahaan penerimaan negara.
5. Seksi
Verifikasi, Akuntansi
Seksi Verifikasi dan Akuntansi mempunyai
tugas melakukan verifikasi pembayaran, rekonsiliasi laporan akuntansi,
penyusunan Laporan Keuangan tingkat Kuasa BUN, pelaporan realisasi dan analisis
kinerja anggaran serta analisis data statistik laporan keuangan.
LUAS
WILAYAH LAYANAN
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhgfYunw3xejrmdeLAYk1mHh8KrTraAGyW_hb0C5-6MtO3yNM0P6drRepSMOObU_9SEVR9hk6Ci9ntQ_g0jLseH5I4njR7b47xc-q8iBR_JNZUq8YVsBvhgrGFOzvEJhBZkos6lidSg9sk/s200/Luas+Wilayah.jpg)
Ruang
lingkup pelayanan KPPN Waingapu mencakup daratan Sumba dengan Luas Wilayah ±
11.052,42 km2 dengan rincian :
Kabupaten Sumba Timur : 7.000,50 km²
Kabupaten Sumba Tengah : 1.869,18 km²
Kabupaten Sumba Barat : 737.42 km²
Kabupaten Sumba Barat Daya : 1.445,32 km²
Batas
Wilayah Pulau Sumba sebagai berikut :
Bagian Barat : Samudara Indonesia, Pulau Sumbawa
Bagian Timur : Laut Sawu
Bagian Selatan : Samudra Indonesia, Laut Sabu
Bagian Utara : Pulau Flores, Selat Sumba
KOMPLEKSITAS
Kantor
Pelayanan Perbendaharaan Waingapu melayani 97 Satuan Kerja pada Tahun Anggaran
2016 dengan rincian sebagai berikut :
Ø
Satuan
Kerja di Kabupaten Sumba Timur sebanyak 38 Satuan Kerja
Ø
Satuan
Kerja di Kabupaten Sumba Barat sebanyak 29 Satuan Kerja
Ø
Satuan
Kerja di Kabupaten Sumba Tengah sebanyak 12 Satuan Kerja
Ø
Satuan
Kerja di Kabupaten Sumba Barat Daya sebanyak 18 Satuan Kerja
Kendala/Problem
dan Karakteristik Satuan Kerja:
Ø
Beberapa
Satuan Kerja memerlukan pembinaan lebih dan pendampingan, khususnya untuk
Satuan Kerja yang baru mendapat DIPA terutama Satker SKPD sehingga memerlukan
bimbingan dalam pelaksanaan anggaran, pelaporan, dan Aplikasi Satuan Kerja;
Ø
Terdapat
Satuan Kerja yang masih kesulitan mendapat akses internet sehingga komunikasi
melalui email tidak lancar karena kondisi geografis dan jauh dari jaringan.
Ø
Jarak
dari Kabupaten Sumba Barat Daya, Sumba barat dan Sumba Tengah kurang lebih
...Km serta minimnya alat transportasi merupakan tantangan tersendiri untuk
memberikan layanan yang maksimal.
SUMBER
DAYA MANUSIA
KPPN Waingapu didukung
oleh 19 orang Pegawai Negeri Sipil ( PNS ) sebagai berikut :
SARANA
DAN PRASARANA
Ruang Kepala Kantor
Ruang
Kepala Kantor berdekatan dengan ruang
layanan sehingga dapat mengawasi dan memantau langsung proses layanan
yang dilakukan oleh petugas Front Office.
Ruangan
ini dibuat untuk memberikan kenyamanan yang memadai untuk Kepala Kantor,
sehingga dari ruangan ini diharapkan bisa melahirkan ide-ide cemerlang dan
inovasi baru yang dapat memberikan kemajuan dan perkembangan menuju perubahan
yang lebih baik untuk KPPN Waingapu.
Fasilitas
yang dimiliki antara lain sofa, meja kerja, komputer, telepon dan mesin faksimili serta komputer CCTV.
Ruang Layanan
Ruang
Layanan KPPN Waingapu merupakan tempat bagi Satker untuk mengajukan SPM,
melakukan rekonsiliasi, dan mengambil SP2D. Memiliki fasilitas diantaranya meja
layanan yang diisi oleh 6 (enam) staf layanan yang terdiri dari 1 staf Customer
Service, 2 staf Front Office Pencairan Dana, 1 staf Rekonsiliasi, 1 staf Seksi
Bank, 1 staf Subbagian Umum dan 1 staf MSKI terkait layanan KIPS dan PIN PPSPM.
Masing-masing petugas sudah dibekali kemampuan melayani dan sarana berupa
komputer dengan spesifikasi yang memadai.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhHQ1gz-A_uJFODlXujkXyvUDJBPvxGMZM3MiP0xbzLw07Us48mpdhbQQ2_gcn5fGV4r1VVoDSCDRXsKxVt9speX2Y1pdZW2dUeXySTpXucxWwLkdgsa4Z0Nv9VryBQ00Q9V0CrTV2x5vM/s320/R+LAYANAN.jpg)
Treasury Learning Center (Tlc)
Ruang
Treasury Learning Center (TLC) merupakan tempat bagi Satker untuk pendampingan
bagi Satker yang terkendala serta konsultasi aplikasi dan permasalahan yang
dihadapi Satker.
Ruang
Middle Office
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjQCX9IyXw6v3vqisODRIC3iX4yj3oTSkg6KzguFG_VBTXySDH6OwK_JyJ96Rj0eteXuyr4AtEUqkdbVs18PLpLOFO0Plbj7FU1JsAq4Zk6Wc7irt8n3zgF2HT8c5U3R-QSoyFf_dk91cI/s200/R+MO+1.jpg)
Fasilitas
pada ruang Middle Office cukup memadai berupa sarana komputer lengkap dengan
beberapa printer. Ruang Middle Office diisi oleh 8 (delapan) orang pegawai.
Ruang Back Office
ditempati oleh Kepala Sub Bagian Umum dan Kepala Seksi Manajemen Satker dan
Kepatuhan Internal beserta masing-masing staf.
Back
Office merupakan bagian unsur pendukung/
supporting unit untuk terlaksana proses kerja di seksi teknis agar berjalan
dengan lancar dan baik.
Aula
Merupakan
gedung serbaguna, baik untuk Sosialisasi, Bimtek, Gugus Kendali Mutu. Gedung
ini dibangun pada tahun 2007 dan direhab
Tahun 2016 serta dapat menampung ± 200 orang peserta sosialisasi. Fasilitas
lain yang dimiliki gedung ini adalah tersedia meja dan kursi, alat
pendingin/AC, dan Sound System.
Mengingat di Waingapu
temperatur udara relatif panas maka AC stand 2 (dua) buah dan AC dinding 3 buah
semata untuk memberikan rasa nyaman bagi peserta sosialisasi dan sebagainya.
Gedung Arsip
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgmbtDT51Rf1OA9cN1OgPUQ7dArsOkZOjoUoGglzlQNkV1fZUWqqHvt3Faj1gwppIEKFt3JT62XJ1igPFjtIgIfavkWMij580thby9wpveV2Uz9kXqLnEkP6tkbiUNbWN5uqitIC76xjGQ/s200/R+ARSIP.jpg)
Merupakan
ruang untuk menambah ilmu pengetahuan melalui buku-buku bacaan terkait
peraturan, buku-buku ilmiah dan bacaan
hiburan
Sarana
untuk ibadah untuk meningkatkan rasa
syukur, ketaqwaan dan iman.
Poliklinik
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhJd81tkf0Gj3syCgBMX5xxJJP8D4V0Mk3m76R5XQg4U7nRE9pKn-SY9k08YU7l_C-L5-3-k2ThlAHuSZdpNREQOs55fMIDYgEItCVarMA4JD_sJbRxMHMAWGsy7KS8PQ-zIR0g5zOBjqc/s200/R+POLI.jpg)
Dapur
Dan Pantry
Ruang
untuk menyiapkan makanan dan minuman bagi pegawai.
Lahan
Parkir
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgD5u2lidrT02R6c6FWPue2Qr40X-C5Mp6An-NyiX4I-x4FTKi4bHu2iHOBbFpFXm9iCo3nHI6N3R3BLa1hOIccOGNPUtB7c8pAoSxiEMBJwyV2FKcQ6Miy3sFXJwKoEx0f7hjvaqnSS2g/s200/R+GARASI.jpg)
Sarana
Olahraga
Lapangan
volly beserta lapangan tenis terletak disamping kantor digunakan untuk kegiatan
olah raga pada hari Jumat pagi untuk
menjaga kesehatan dan kebugaran pegawai KPPN Waingapu.
Halaman
Dan Taman
Halaman
yang hijau dengan kebun sayur dan buah naga yang sedang berbuah serta dalam rangka
menggelorakan Go Green kegiatan sepanjang tahun di halaman belakang lapangan
volly telah dipergunakan kebun buah naganya.
Taman
tengah yang memberikan ketenangan pikiran dengan suara gemericik air dan
indahnya ikan koi memberi kesejukan hati dan menciptakan ketenangan pikiran.
Toilet
Terletak
di dekat Aula dan Taman untuk Satker dan pegawai.
Wifi
Fasilitas
untuk meningkatkan pengetahuan pegawai dan memberikan kenyamanan serta
mengurangi rasa jenuh bagi Satker saat menunggu antrian.
Genset
Untuk
menanggulangi masalah listrik jika mengalami pemadaman.
KABAR BAIK!!!
BalasHapusNama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.
Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.
Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.